Peringatan Hari Santri Nasional di YPP Al Mardliyah Ponpes Mojosari

Suasana Upacara HSN 2023 di YPPA Mardliyah

Hari Santri Nasional dicetuskan setelah melewati sejarah panjang umat Muslim dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia dari cengkraman kolonialisme Belanda dan sekutu kala itu. Bermula dari peristiwa resolusi jihad pada 22 Oktober 1945, maka tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional.

Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tahun, kini telah kembali disambut dengan semangat di Yayasan Pondok Pesantren Al Mardliyah Ponpes Mojosari Loceret Nganjuk. Peringatan tahun ini menjadi momen yang istimewa bagi santri dan seluruh keluarga besar pondok pesantren tersebut.

Upacara peringatan Hari Santri Nasional di YPP Al Mardliyah Ponpes Mojosari Loceret diikuti oleh seluruh santri dari empat lembaga pendidikan, yaitu SMP Islam As-Syafi’ah (SMPI), SMP Islam Excellent As-Syafi’ah (SMPI Excellent), SMA Islam As-Syafi’ah (SMAI), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Zainudin (STAIZ) Mojosari.

Kepala sekolah SMPI As-Syafi’ah Gus Muhammad Muhibbin, memberikan amanat yang menginspirasi kepada seluruh santri. Dalam amanatnya itu beliau menekankan pentingnya peran santri dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Santri sebagai pemimpin masa depan bangsa wajib menjaga diri dan berkontribusi secara positif untuk NKRI. Salah satu bukti nyata dari kewajiban ini adalah perwujudan melalui proses belajar dengan giat dan semangat dalam mengukir prestasi. Gus Muhibbin juga menekankan pentingnya semangat untuk bangun malam dalam menjalani rangkaian kegiatan di pondok pesantren.

Dalam peringatan ini, seluruh santri dari empat lembaga pendidikan di YPP Al Mardliyah Ponpes Mojosari Loceret berkomitmen untuk terus menjalani pendidikan agama dan pengetahuan umum dengan sungguh-sungguh. Mereka berharap dapat menjadi generasi yang cerdas, berbakti kepada negara, dan menjaga keberagaman serta persatuan dalam NKRI.

Peringatan Hari Santri Nasional ini menjadi kesempatan bagi para santri untuk merenung, menguatkan niat, dan berjuang dalam menjalani proses belajar. Semangat santri dalam menjaga NKRI akan terus menguatkan peran penting pesantren dalam membangun karakter generasi masa depan Indonesia.

(MT/FT)

#harisantrinasional #jihadsantri #resolusijihad #22oktober

Pengibaran Bendara Merah Putih oleh Ustadz Madin
Gus Muhammad Muhibbin saat menjadi inspektur upacara HSN 2023
Upacara HSN 2023 yang dipimpin oleh ustadz Abdul Aziz
Antusias santri putra saat menyanyikan lagu Hari santri, Ya lal wathon, dan mars As-Syafi’ah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *