Sambangan Sebagai Pengobat Rindu Santri Dan Keluarga

(Mojosari 29/08/2023) Sambangan atau penjengukan merupakan saat yang paling dinantikan oleh para santri di setiap pondok pesantren. Tidak terkecuali para santri dari YPPA Mardliyah Pondok Pesantren Mojosari Nganjuk.

Tepat pada tanggal 26 dan 27 Agustus 2023 kemarin, telah dijadwalkan sambangan yang mempertemukan para santri dengan keluarga mereka masing-masing.

Melalui momen ini para santri dapat mengobati kerinduan mereka dengan keluarganya.

Meskipun tidak sedikit wali santri yang berasal dari luar kota, namun demi bertemu dengan putra dan putrinya, mereka bersuka cita menghadiri sambangan sesuai jadwal yang telah diberitahukan sebelumnya.

Sambangan dilakukan secara bergantian sesuai pembagian waktu di dalam jadwal yang ditentukan. Wali santri akan datang ke pondok pesantren menyesuaikan jadwal tersebut.

Sebelum memasuki area pondok pesantren, para wali santri diwajibkan untuk scan barcode terlebih dahulu sebagai tanda kehadiran.

Setelah itu wali santri mengikuti arahan dari panitia yang bertugas agar menunjukkan identitas dan kartu wali santri. Kemudian wali santri dan keluarga yang ikut serta dalam sambangan dapat bertemu dengan putra atau putri mereka.

Dalam momen kebahagiaan tersebut, pastinya wali santri dan keluarga tidak datang dengan tangan kosong.

Terlihat wali santri dan keluarga membawakan makanan, keperluan sehari-hari, hingga bermacam-macam barang bawaan lainnya yang dibutuhkan oleh putra dan putri mereka selama menjalani kehidupan di pondok pesantren.

Bagaikan sebuah tradisi di pondok pesantren, sambangan menjadi salah satu momen yang berharga bagi para santri.

Karena meskipun telah menjalani hari-hari bersama teman di sekolah dan ma’had, namun tidak dapat dipungkiri, baik para santri putra maupun santri putri akan selalu merindukan keluarga mereka.

Berbekal niat yang kuat untuk belajar dan mengaji, para santri harus rela dan sabar meninggalkan rumah demi meraih masa depan yang lebih baik.

Para wali santri pun juga harus ikhlas dalam melepas putra dan putri mereka untuk tholabul ilmi, menuntut ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum.

Maka dengan adanya momen sambangan ini, wali santri dapat melihat perkembangan dan keadaan putra atau putrinya masing-masing.

Semoga dengan adanya momen sambangan ini dapat menambah semangat dan motivasi bagi para santri untuk selalu giat dalam belajar.

#sambangan #santrimojosari #yppamardliyah #pondokpesantren

Kedatangan wali santri
Scan barcode
Antrian Wali santri
Suasana selama sambangan
Pertemuan Santri dan Wali santri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *